• December 5, 2021
Panduan Melakukan Impor Ke Indonesia

Panduan Melakukan Impor Ke Indonesia

www.jasaimportmurah.com – Bagaimana cara mengimpor ke Indonesia? Bagaimana prosedur impor di Indonesia untuk memindahkan barang? Menjelaskan tentang proses registrasi impor, perpindahan kargo ke Indonesia dari luar negeri, proses pengiriman impor di Indonesia dll. Posting ini menjelaskan tentang prosedur langkah demi langkah yang perlu diselesaikan dengan kewenangan pemerintah Indonesia untuk impor ke Indonesia.

Jika Anda perlu mengimpor barang atau jasa, prosedur pendaftaran sekali pakai diselesaikan di sebagian besar negara. Izin ekspor impor tersebut dapat diperoleh dari departemen pemerintah terkait di Indonesia jika diperlukan.

Untuk mengimpor produk sebagai perusahaan penanaman modal asing berbadan hukum lokal ‘PMA’ atau Kantor Perwakilan Perdagangan Asing ‘K3PA’, diperlukan izin impor yang disebut ‘API’ (Angka Pengenal Importir) untuk kategori barang tertentu.

-Lisensi Impor Umum ‘API-U’ – Izin impor umum untuk organisasi perdagangan yang mengambil bagian dalam penjualan dan distribusi di Indonesia.

-Lisensi Impor Produsen ‘API-P’ – Untuk impor kelas item tertentu yang terkait dengan produksi dan pembuatan barang yang digunakan oleh perusahaan, seperti bahan mentah. Pemegang API-P tidak dapat memperdagangkan barang impor dengan orang luar.

-Izin Impor Terbatas ‘API-T’ – Untuk impor barang-barang yang diidentifikasi dengan investasi langsung dan dikeluarkan sesuai dengan peraturan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

-Izin Impor Terbatas untuk Kontraktor ‘API-K’ – Bagi kontraktor untuk mengimpor barang dagangan tertentu yang mungkin memerlukan lisensi dari kementerian tertentu yang terkait dengan atau mengidentifikasi barang tersebut.

Untuk jenis produk tertentu, diperlukan Nomor Pengenal Importir Khusus atau ‘NPIK’ (Nomor Pengenal Importir Khusus) dan harus dihubungkan setelah API disetujui.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Bahasa Indonesia: Direktorat Jenderal Bea dan Cukai; juga dikenal sebagai Bea Cukai) adalah lembaga pemerintah Indonesia di bawah Kementerian Keuangan yang melayani masyarakat di bidang bea dan cukai.

Dokumen impor yang sesuai perlu diserahkan dengan otoritas bea cukai untuk mendapatkan izin kargo. Penyusunan dokumen didasarkan pada kebijakan perdagangan umum negara, perjanjian perdagangan antar negara dll. Dokumen impor yang diperlukan di Indonesia juga tergantung pada jenis barang yang diimpor (Barang Umum, Barang Pribadi, Barang Berbahaya, Peternakan, dll.) , kebijakan perdagangan reguler Pemerintah Indonesia, impor barang khusus ke Indonesia (Senjata dan amunisi, produk kesehatan, produk makanan, bahan kimia, dll.)

Sebagian besar di semua negara ada tiga fase proses impor. Metode pendaftaran satu kali untuk mendapatkan izin impor, dokumentasi yang diperlukan untuk impor dan prosedur bea cukai Impor. Data poin demi poin tentang tiga fase impor ini telah ditentukan secara independen di situs ini. Anda dapat mengklik di bawah koneksi data tersebut untuk mengetahui tentang teknik yang tertata dengan baik tentang cara paling mahir untuk mengimpor.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *